top of page

Pasar Kreasi Finale Wujud Nyata dari Usaha Kita Bisa Berdonasi



Selalu ada lanjutannya, karena hidup selalu berlanjut ke hari berikutnya.

Ini juga yang terjadi pada kegiatan-kegiatan yang diprakarsai oleh Initarki. Pada artikel sebelumnya kita telah mendapat informasi tentang diselenggarakannya Pasar Kreasi yang sebenarnya merupakan bagian dari home coming (reuni akbar) Fibratar 2020 namun tidak jadi terselenggara karena adanya Pandemi Covid 19.


Di dalam Fibratar 2020 memang sudah terencana adanya Fibratar Pasar Kreasi, berupa pengembangan produk-produk yang dikreasikan oleh Initarki atau para alumni SMA Tarakanita 1. Pengembangannya dilakukan dengan cara mentoring.


Nah lanjutan dari Pasar Kreasi tersebut adalah yang disebut Pasar Kreasi Finale. Bisa juga disebut dengan penutupan Pasar Kreasi. Dan tahukah Initarki, ini ternyata baru tahap pertama, ada tahap-tahap berikutnya dari Pasar Kreasi. Nantikan ya.


Kegiatan Pasar Kreasi Finale semuanya online, terdiri dari beberapa dengan fasilitas zoom, ada juga yang berupa Instagram Live. Semuanya ini diakhiri dengan kegiatan lelang berupa barang yang diproduksi dan disumbangkan oleh peserta Pasar Kreasi yang hasil lelangnya dikumpulkan dalam Pundi Amal Initarki yang disebut ASA. Di awal terbentuknya ASA dan Pundi Amalnya diberikan kepada guru-guru, baik yang masih mengajar maupun yang sudah pensiun dari SMA Tarakanita 1. Nantinya juga bisa untuk Initarki (alumni SMA Tarakanita 1) yang membutuhkan.


Rangkaian acara Pasar Kreasi Finale terdiri dari:


1. Tutur, Rasa, dan Asa Perempuan

Ini adalah acara webinar yang bercerita tentang Initarki (alumni SMA Tarakanita 1) yang bergiat memajukan masyarakat budaya di Indonesia Timur. Slogan yang digunakan adalah Menenun Cerita Melalui Budaya.

Pembicaranya terdiri dari Riri (Tar 2007) dari Mena Indonesia, Bella (Tar 2013) dari Copa de Flores, dan Beby (Tar 90) dari Pelangi Benua – Conceptual Travel Agent.

Webinar ini berlangsung pada Sabtu, 21 November 2020, pukul 19.30 WIB

Moderator webinar ini adalah Kartika Jahja (Tar 99).


2. C(h)it C(h)at: Cerita Cita-Cita dan Catatan dari Pasar Kreasi

Acara online sharing session ini membagi kekuatan kolaborasi dari sesama peserta Pasar Kreasi menjadi produk-produk yang lebih berkekuatan dari segi kualitas dan fungsional.

Diselenggarakan pada Minggu, 22 November 2020 pukul 16.00 WIB.

Acara ini membagi kisah-kisah pelaksanaan Pasar Kreasi dan hasil-hasilnya oleh para mentor yaitu Cynthia Satrya Hasan (Tar 84) dari Coworkinc dan Impact Hub Jakarta dengan presentasi bertema: “Small Business Sustainability”, Adi S. Noegroho (PL 91) dari Narrada Communications dengan presentasi bertema: “Brand Story 24/7”, dan Nilam P. Moeliono (Tar 84) dari The Council, dengan presentasi bertema: “Branding and Packaging Design”.

Moderator webinar online sharing session ini adalah Sofi Wahono (Tar 90).

Bersama mereka, ikut bercerita para peserta Pasar Kreasi yang melakukan kolaborasi yang diwakili oleh Reina (Tar 92) dari Lil Miss Project, Sere (Tar 2000) dari SE by Sere, serta Jessica Pramudita (Tar 2008) dari studiokaen.


3. Healthy Dogs, Gonggong Style

Ini adalah kegiatan bercakap-cakap di Instagram Live oleh Nungky (Tar 92) dari Gonggong Barkery. Ia adalah seorang social enterprise yang menyediakan produk makanan dan perawatan anjing, hasil penjualan dialokasikan untuk biaya makanan, vaksin, steril anjing-anjing liar di Bali. Nungky bercakap-cakap dengan Ririn (Tar 86) sebagai pewawancara.

Acara berlangsung pada Kamis, 26 November 2020 pukul 17.00 WIB.


4. Simple Steps towards Sustainable Living

Juga kegiatan bercakap-cakap di Instagram Live. Kali ini bercerita Debon (Tar 99) tentang produknya berupa sabun dengan brand Kin Soap.

Acara yang berlangsung Jumat 27 November 2020 dimoderatori oleh Ririn (Tar 86).


5. Uniquely You. Virtual Fashion Show Kantita Batik

Kantita Batik adalah salah satu brand alumni yang ikut serta dalam acara Fibratar Pasar Kreasi. Dikreasikan oleh Rika, Ranti, dan Prita, semuanya Tar 89. Setelah mengikuti proses mentoring dan mendapat bimbingan dari para coach dari berbagai profesi, Kantita meluncurkan koleksi terbarunya yang diberi judul Hanae. Ditampilkan pada Virtual Fashion Show melalui Instagram Live. Berbeda dengan IG Live sebelumnya, kali ini bukan berupa bercakap-cakap saja, melainkan dipadukan juga dengan fashion shoew dan diiringi live music oleh Uchi dan Jeff.

Kolaborasi dengan brand alumni lainnya, yaitu Tandamata Indonesia, Ella Glo, Be Blossom, dan Untaianku. Juga didukung oleh Kita Kreatif untuk fotografi. Acara yang disiarkan secara live dari Tukik Studio berlangsung pada Minggu, 29 November 2020, pukul 14.00 WIB.


6. Lelang Virtual - Pundi ASA INITARKI

Berlangsung pada Minggu 29 November 2020 lalu. Produk-produk yang dilelang adalah produk keren para alumni peserta Pasar Kreasi. Yaitu: The More The Merrier – Nindy (Tar 2010), Copa de Flores – Bella (Tar 2013), Estetika.ku – Felicia (Tar 2016), Gonggong Barkery – Nungky (Tar 92), Kantita Batik – Rika, Ranti, Prita (Tar 89), Kin Soap – Debon (Tar 99), Lil Miss Project – Reina dan Nana (Tar 92), Mena Indonesia – Riri (Tar 2007), MIA Art & Craft – Jeannetta (Tar 77), SE by Sere – Sere (Tar 2000), studiokaen – Jess (Tar 2008), SukaSukaDidi – Vivi (Tar 91).

Selain peserta Pasar Kreasi, beberapa Initarki lain juga menyumbangkan produknya untuk dilelang, yaitu Nubia by Giana Mayra – Utty (Tar 84), dan Lukisan “Tough Inside” – Diaka (Tar 84).

Berapa peserta Pasar Kreasi yang melelang produknya tampil di webinar ini, seperti Nindy (Tar 2010) dari The More The Merrier dan Felicia (Tar 2016) dari Estetika.ku. Acara dipandu oleh Ary Kirana (Tar 97) sebagai MC, dan Syanda Kunto (Tar 88) sebagai juru lelang.

Sambutan Initarki terhadap lelang ini begitu meriah, dari kegiatan lelang ini terkumpul dana sebesar Rp 32.875.325. Luar biasa, bukan?

Seluruh donasi dari lelang dan donasi lainnya dari alumni, menjadi bingkisan dan bantuan #BelaRasa untuk para guru dan karyawan aktif/ pensiunan pada Program ASAInitarki.


Demikianlah berbagai kegiatan dalam rangkaian Pasar Kreasi dan Pasar Kreasi Finale Initarki. Membuktikan bahwa dengan gerakan positif kita bisa memberikan sesuatu yang berarti bagi orang di sekitar kita. Selanjutnya, Initarki tetap bisa berdonasi dengan mentransfer ke Rekening Ikatan Alumni SMA Tarakanita, Bank BCA 0700230881. Selamat menyumbang! (TJ)


2 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page