top of page

Pengembangan Ekosistem Sekolah (PES 2019)



Sepanjang tahun 2019, tepatnya dimulai pada Tahun Ajaran Baru 2019/2020, INITARKI lewat Divisi PES terjun langsung ke lapangan mendukung pihak sekolah dalam mengembangkan potensi siswa dan guru SMA Tarakanita 1.


Dimulai dengan INITARKI Meet the Parents


Yaitu acara pertemuan orang tua murid siswi SMA Tarakanita I pada 31 Juli hingga 2 Agustus 2019. INITARKI ambil bagian dengan mengajak alumni yang berprofesi sebagai life coach dan berkecimpung di bidang pengembangan sumber daya manusia sebagai pembicara. Mereka berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar parenting kepada orang tua murid siswi kelas 10,11, dan 12.⁣⁣

⁣⁣

Para alumni pembicara adalah :⁣⁣

Vitayanti Wardoyo (Tarki 90), Managing Director Dynargie Indonesia; Titik Setiati (Tarki 83), Life Coach dan Parenting Coach; dan Tari Sandjojo (Tarki 92), Direktur Akademik Sekolah Cikal.


Berlanjut dengan Career Day pada 8 Agustus 2019


INITARKI menghadirkan alumni untuk berbagi pengalaman bagi adik-adik kelas 10,11,12. Mereka adalah Madelina Mutia (Tarki 87), pendiri Yayasan Lovepink; Irna Rasad (Tarki 92), CEO dan pendiri Matata Corp; Diah Saminarsih (Tarki 92), Senior Advisor on Gender & Youth for the Director General of WHO; dan Sheila Roswhita Putri (Tarki 98), Komikus yang sudah bikin banyak buku, serta perwakilan Tarki 97 yang memberi sesi khusus di kelas-kelas.


Quote ‘Anjing menggonggong, queen berlalu’ dari pembicara untuk memompa pe-de, bikin adik adik lebih terdampak gembira penuh semangat.

Acara Career Day berlanjut di hari kedua dengan barisan alumni INITARKI yang turun gunung ke almamater untuk membantu adik-adik SMA Tarakanita. Para alumni berbagai profesi dan bidang pekerjaan hadir untuk menjawab segala pertanyaan seputar dunia kerja dari adik-adik SMA. ⁣

Terlihat sekali mereka antusias bertanya-tanya soal berbagai bidang kerja, ⁣

'Kayak apa sih kerjaannya kak?'; ⁣

'Wah, keren kak. Gimana caranya kakak kok bisa pegang posisi kayak gitu?'⁣

'Tantangannya apa aja sih kak?' ⁣

Dan seterusnya dan seterusnya.

Seru! Dan tentunya sangat membantu membuka wawasan adik-adik semua. ⁣


INITARKI juga mendukung program SMA Tarakanita I Sisterhood Camp 2019


Acara berlangsung untuk membangun persaudaraan dan kebersamaan sesama siswa. Tapi juga dilalukan sebagai kolaborasi SMA Tarakanita I dan INITARKI untuk mempersiapkan masa depan perempuan muda yang berkarakter Tarakanita :


cerdas, kreatif, percaya diri, mandiri, berani, berdaya, penuh cinta kasih dan mampu berbela rasa. Agar kelak menjadi perempuan masa depan yang penuh energy, daya hidup, bermanfaat, dan menjadi berkat bagi sesama. ⁣

Di situ siswa kelas 10, 11, 12 menggarap ragam proyek bersama, bekerja sama menuntaskan proyek di bawah bimbingan Bapak Ibu guru dan alumni yang berperan sebagai fasilitator. Hasilnya luar biasa. Berbagai ide keren mencuat. Keberanian berekspresi, kemampuan berkomunikasi, dan berbagai potensi siap diasah.⁣

Proyek-proyek ini menjadi tantangan dan kesempatan bagi INITARKI dan sekolah untuk bekerjasama mendampingi adik2 SMA.


Sementara pada 16 September 2019 - 29 Oktober 2019 INITARKI mengisi kelas Bimbingan & Konseling (BK)


Para alumni SMA Tarakanita I yang berprofesi sebagai coach, bergiliran menjadi fasilitator, menggantikan sementara guru BK yang cuti melahirkan dan yang sedang mengikuti pelatihan.⁣


Selama hampir dua bulan, kakak-kakak ini mengajar dengan penuh semangat setiap hari Senin, Selasa dan Kamis. Komitmen mereka tak perlu diragukan, sekali pun tidak pernah absen!


Materi yang diberikan pun beragam, mulai dari Pengenalan Diri, Minat, dan Kemampuan bagi adik-adik kelas X; Pentingnya Membangun Relasi Positif bagi kelas XI; hingga Persiapan Jalani Masa Depan untuk kelas XII.


Pada Hari Guru 26 November 2019


Komunitas Dokter dan Coach Alumni SMA Tarakanita, berbagi ilmu pada adik2 SMA di sesi Pendidikan Karakter Tarakanita. Dipimpin Ririn Habsari, (Tarki 86 – drg/kesehatan masyarakat ), Lilien (Tarki 90 – dokter gigi), Cathy (Tarki 91 – dokter umum), Vini (Tarki 97 – spesialis kulit dan kelamin), berbagi ilmu dan mengajak adik2 berdiskusi dalam mini workshop Hak Seksual dan Kesehatan Reproduksi. ⁣

Diskusi berlangsung seru banget. Kakak-kakak dokter mengajak adik2 untuk menjadi perempuan yang sadar akan hak kesehatan reproduksinya, mampu bersikap dan bertindak utk menghormati tubuhnya. Diskusi berlangsung tanpa ceramah. Tapi belajar analisis sederhana melalui tebak2an fakta atau mitos dan cerita kasus yg pas banget dengan kondisi remaja saat ini. ⁣


Di ujung tahun, Kamis, 12 Desember 2019, INITARKI bersama SMA Tarakanita1 dan Dynargie Indonesia mengajak adik-adik kelas X untuk melakukan Self Assesment Minat dan Bakat.


Ini penting dilakukan supaya bila tiba saatnya untuk melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, mereka dapat memilih bidang studi yang sesuai dengan minat dan bakat.


Bila belajar sesuai minati dan potensi di bidang tertentu, maka belajar pun akan terasa lebih menyenangkan dan memberi hasil yang memuaskan.


Seluruh sesi INITARKI lewat DIVISI PES selalu dirancang dengan memperhatikan kolaborasi alumni, serta kondisi dan kebutuhan terkini SMA Tarakanita I. Harapannya, semua upaya tersebut dapat bermanfaat bagi seluruh elemen sekolah, menambah semangat untuk bereksplorasi, dan tentunya menampilkan SMA Tarakanita I yang .⁣ berintegritas dan semakin berprestasi.


17 views0 comments
bottom of page