top of page

HUT Pertama INITARKI - Merayakan Kolaborasi ala Tarakanita




Pada 10 September lalu, SMA Tarakanita 1 berulangtahun ke 58. Beberapa waktu sebelumnya, INITARKI pun setahun berkiprah setelah di tahun 2019, sekitar Juli hingga Agustus berdiri sebagai sebuah badan hukum, sebagai Ikatan Alumni SMA Tarakanita 1.

Hari besar yang berdekatan ini diperingati dengan berbagai aktivitas yang menjunjung tinggi sifat kolaborasi antar alumni, antar angkatan, antar penyuka kegiatan dan sebagainya. Hal ini sejalan dengan ungkapan Ketua INITARKI periode 2019 – 2022, Cynthia Satrya Hasan dalam pidatonya saat menyambut HUT Pertama INITARKI. “Kami pengurus merasa bangga dan bahagia menjadi bagian dari mini steps yang cukup banyak tantangannya, terutama dihadapkan dengan situasi pandemi ini covid 19 ini. Tapi kami percaya, inilah saat tarki membangun kolaborasi yang lebih tinggi lagi,” ujarnya.

Kegiatan berkolaborasi dan ajakan-ajakan untuk melakukan kolaborasi sudah sejak awal dibentuknya kepengurusan INITARKI periode ini sudah diaplikasikan melalui berbagai kegiatan. Dan di hari ulang tahunnya, dalam rangka memperingatinya, kegiatan berkolaborasi ini makin mantab dilaksanakan.




Misa Syukur

Rangkaian acara HUT INITARKI dan HUT SMA Tarakanita 1 diawali dengan *Misa Syukur Ulang Tahun SMA Tarakanita I ke 58 dan Satu Tahun INITARKI* yang dilaksanakan pada Jumat, 11 September 2020, Pukul 08.00-09.00 WIB. Misa ini dipimpin oleh Romo Andang Binawan SJ. Kegiatan ibadah yang diselenggarakan secara virtual karena berlangsung di masa pandemi Covid 19 ini bekerjasama dengan Hidup TV. Kerjasama ini menjadikan Misa bisa terselenggara secara langsung (live streaming) dari Gereja St. Theresia Jakarta, melalui saluran Youtube Hidup TV. Dengan demikian Misa yang khusuk ini bisa dihadiri oleh banyak kalangan yang berhubungan dengan Tarakanita.

Seri Webinar Kolaborasi dalam Karya

Seperti telah disebutkan di atas, bahwa di ulang tahunnya, INITARKI mencanangkan kegiatan berkolaborasi antar alumni agar lebih kuat lagi. Hal ini diejawantahkan pada kegiatan aneka webinar, juga dalam rangka ulang tahun yang bertema Kolaborasi dalam Karya.

Webinar demi Webinar dirancang dengan manis oleh divisi Hubungan Antar Kominitas (HAK) INITARKI, yang dipimpin oleh wakil ketua INITARKI divisi HAK, Ririn Habsari.

Seri Webinar tersebut terdiri dari:

Survival Kit UKM Masa Pandemi, pada Sabtu, 12 September 2020, dengan pembicara Cynthia S. Hasan (Tar 84), Nilam P. Moeliono (Tar 84), dan Adi S. Noegroho (PL 91), yang dipandu oleh Lucy Wiryono (Tar 96). Webinar ini merupakan bagian dari Pasar Kreasi, sebuah kegiatan yang semula berupa “pasar” betulan, bagian dari reuni akbar Tarakanita Home Coming 2020, bernama FIBRATAR yang sedianya diselenggarakan secara offline tanggal September 2020. Namun karena adanya pandemi Covid 19, acara berubah menjadi serba online atau virtual. Yang tetap sama adalah kegiatan mentoring kepada anggota INITARKI yang berkarya dan mendaftarkan karyanya untuk kegiatan Pasar Kreasi tersebut. Para pembicara Webinar Survival Kit UKM Masa Pandemi ini adalah para mentor untuk persiapan kegiatan Pasar Kreasi tersebut.

Tetap Cetar di Usia Senja, Hari, Minggu, 13 September 2020, pukul 10.00 – 11.30 WIB. Para narasumber webinar ini adalah dr. Ekarini Aryasatiani Sp. OG (Tar 80) -Spesialis Kandungan dan Nanny Ngaeran Soeharto (Tar 81) – Instruktur Line Dance. Webinar ini dipandu oleh Feny Rose (Tar 92) – presenter. Garis besarnya adalah obrolan tentang kemampuan fisik, fungsi hormon dan organ tubuh perempuan usia senja dan trik-triknya agar tetap ‘cetar’. Dilanjutkan dengan praktik line dance yang seru. Jurus Jitu Menangkis Cyber Bullying, di hari yang sama, Minggu, 13 September 2020, Pukul 16.00 – 18.00 WIB. Dengan narasumber DR. Adriyana Venny (Tar ’89) - Doktor Filsafat, Aktivis gerakan perempuan, Komisioner Komnas Perempuan (2015-2019), dan dosen, Dr. Fransisca Handy Sp. A (Tar 94) - Dokter Anak, Penggiat Kesehatan Remaja, dosen FK UPH, penulis, pendiri Asosiasi Kesehatan Remaja (AKAR) Indonesia, Ika Putri Dewi (Tar 93) - Psikolog Anak dan Remaja Yayasan Pulih. Webinar ini dipandu oleh Sarah Tumiwa (Tar ’18) - Mahasiswi yang juga Wakil Gorontalo di ajang Miss Indonesia 2020. Garis besar obrolannya adalah kenyataan bahwa terjadi perundungan di dunia maya atau perundungan dengan menggunakan tekhnologi digital, dan tentang apa yang bisa kita lakukan agar dapat mengantisipasi terjadinya perundungan di dunia maya tersebut.

Mama Bercerita si Kecil Bahagia, Senin, 14 September 2020, pukul 17.00 – 18.00, dengan pembicara si jago dongeng Poetri Soehendro (Tar 82), dipandu oleh Palupi Budiprakoso (Tar 91) - praktisi pendidikan usia dini.

Selain diikuti oleh anggota INITARKI yang kebanyakan ibu dari anak usia balita, juga diikuti oleh guru-guru TK Tarakanita.

Discobic, Selasa, 15 September pukul 16.00 – 16.45. Bersama Ningrum Syaukat (Tar 99) - penari, koreografer, stage act coach, personal trainer, dan self love dance mentor. Bareng Ningrum peserta ikut bergerak bersama dengan musik-musik yang seru.

Bersahabat dengan GenZ, di hari yang sama, Selasa, 15 September pukul 20.00 -21.30. Ngobrolnya antara Tari Sandjojo (Tar 92) - psikolog pendidikan yang berpengalaman mengelola pendidikan di sekolah internasional, Shelomita Diah (Tar 93) - penyanyi, pengelola lembaga pendidikan berbasis aktivitas di rumah dan keluarga (homeschooling), dan peraih penghargaan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Anak, serta UNICEF atas dukungannya terhadap pemberian ASI eksklusif oleh ibu. Ada juga Ghea Hapsari (Tar 04). Obrolannya tentang memahami dinamika karakter Gen-Z, Pengalaman menjadi orangtua mendampingi masa perkembangan Gen-Z.

Kirim Talam lewat Klepon, Rabu, 16 September 2020, pukul 10.00 - 12.00. Merupakan kegiatan memasak bersama Laura (Tar 99) - pegiat dan pecinta pengembangan kue tradisional, pemilik IKI KOUE dan ibundanya, Liana Kumala (Tar 70) - pengolah kue tradisional sejak tahun 80an. Dipandu oleh Sisie Marshela (Tar 04) - presenter dan coach. Sambil nonton Laura dan Ibu Liana masak klepon dan kue talam, webinar juga membicarakan tentang melestarikan kue tradisional Indonesia.

Fashionable Tak Kenal Usia, Rabu, 16 September 2020, pukul 13.30-14.30. Pembicaranya Ghea Panggabean (Tar 73) – desainer busana, dipandu oleh putri-putri kembarnya, Janna dan Manda Soekasah (Tar 97). Webinar ini diselenggarakan dengan kenyataan bahwa semua perempuan ingin tampil keren. Dan kenyataannya juga, menjadi perempuan yang tampil gaya dan fashionable itu berlaku sepanjang waktu. Dalam webinar ini Ghea berbagi trik buat gaya dan fashionable di sepanjang usia kita.

Kenalan dengan Strala Yoga, Rabu, 16 September 2020, pukul 18.30 – 19.30, bersama Utari (Tar 98) - guide strala yoga. Di webinar ini, Utari memandu peserta beryoga, yang bisa mengendurkan segala ketegangan serta mengantar ke tidur nyenyak malam harinya. Inilah penutup dari seluruh sesi webinar Kolaborasi dalam Karya yang diselenggarakan oleh INITARKI.

Langkah Nyata Kolaborasi

Seluruh webinar terjadi karena adanya kolaborasi yang asyik antar alumni, antar komunitas, dan antar profesionalitas para anggota INITARKI. Bisa dilihat dari tema-tema webinar, para nara sumber, bahkan para moderator yang mau bekerjasama, berkolaborasi menghasilkan kagiatan-kegiatan webinar yang asyik ditonton oleh seluruh anggota INITARKI.

Webinar-webinar bisa saja baru awal, kolaborasi akan berjalan terus, menghasilkan karya-karya yang brilian dari dan untuk anggota INITARKI di masa-masa yang akan datang.

Selamat ulang tahun INITARKI, sukses selalu buat seluruh anggotanya.

(TJ)

4 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page